A. PENDAHULUAN
1. Pengertian
Facebook
Adalah sebuah situs web jejaring
sosial populer yang diluncurkan pada 4 Februari 2004. Facebook didirikan oleh
Mark Zuckerberg, seorang mahasiswa Harvard kelahiran 14 Mei 1984 dan mantan
murid Ardsley High School. Atau dapat juga diartikan facebook adalah sebuah web
jejaring sosial yang didirikan oleh mark zuckerberg dan diluncurkan pada 4
Februari 2004 yang memungkinkan para pengguna dapat menambahkan profil dengan
foto, kontak, ataupun informasi personil lainnya dan dapat bergabung dalam
komunitas untuk melakukan koneksi dan berinteraksi dengan pengguna lainnya.
Twitter
Adalah layanan jejaring sosial
dan mikroblog daring yang memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca
pesan berbasis teks hingga 140 karakter, yang dikenal dengan sebutan kicauan
(tweet). Twitter didirikan pada bulan Maret 2006 oleh Jack Dorsey, dan situs
jejaring sosialnya diluncurkan pada bulan Juli. Sejak diluncurkan, Twitter
telah menjadi salah satu dari sepuluh situs yang paling sering dikunjungi di
Internet, dan dijuluki dengan "pesan singkat dari Internet." Di
Twitter, pengguna tak terdaftar hanya bisa membaca kicauan, sedangkan pengguna
terdaftar bisa memosting kicauan melalui antarmuka situs web, pesan singkat
(SMS), atau melalui berbagai aplikasi untuk perangkat seluler.
Instagram
Adalah
sebuah aplikasi berbagi foto dan video yang memungkinkan pengguna mengambil
foto, menerapkan filter digital, dan membagikannya ke berbagai layanan jejaring
sosial, termasuk milik Instagram sendiri. Satu fitur yang unik di Instagram
adalah memotong foto menjadi bentuk persegi, sehingga terlihat seperti hasil
kamera Kodak Instamatic dan polaroid. Hal ini berbeda dengan rasio aspek 4:3
yang umum digunakan oleh kamera pada peranti bergerak.
Path
Adalah media sosial privat yang
berjalan di perangkat mobile, memungkinkan pengguna berbagi pesan dan foto.
Media sosial satu ini unik karena menyasar segmen muda agar mereka tetap
terhubung dengan keluarga dan teman-teman dekat, sehingga jumlah teman dibatasi
hanya 150 per akun.. Penggunaan Path berbeda dari jejaring sosial lainnya di
mana hanya pengguna yang telah disetujui yang dapat mengakses halaman Path
seseorang. Status privasi dari aplikasi ini menjadikan Path lebih eksklusif
dari berbagai jejaring sosial yang ada.
2. SEJARAH
Facebook
Sejarah facebook berawal ketika
Mark Zuckerberg, seorang mahasiswa Harvard kelahiran 14 Mei 1984 dan mantan
murid Ardsley High School membuat situs jejaring sosial facebook. Yang pada
mulanya pengunaannya hanya diperuntukkan bagi mahasiswa dari Harvard College.
Dalam dua bulan selanjutnya, keanggotaannya diperluas ke sekolah lain di
wilayah Boston (Boston College, Universitas Boston, MIT, Tufts), Rochester,
Stanford, NYU, Northwestern, dan semua sekolah yang termasuk dalam Ivy League.
Banyak perguruan tinggi lain yang selanjutnya ditambahkan berturut-turut dalam
kurun waktu satu tahun setelah peluncurannya. Akhirnya, orang-orang yang
memiliki alamat surat-e suatu universitas (seperti: .edu, .ac, .uk, dll) dari
seluruh dunia dapat juga bergabung
dengan situs jejaring sosial ini.
Twitter
Twitter berawal dari sebuah diskusi yang
diselenggarakan oleh anggota dewan dari Podcasting perusahaan Odeo. Dalam
pertemuan tersebut, Jack Dorsey memperkenalkan ide twitter dimana individu bisa
menggunakan SMS layanan untuk berkomunikasi dengan sebuah kelompok kecil.
Proyek ini dimulai pada tanggal 21 secara terbuka pada tanggal 15 Juli 2006.
Twitter menjadi perusahaan sendiri pada bulan April 2007.
Popularitas Twitter mulai meningkat pada tahun 2007 ketika terdapat festival South by Southwest (SXSW). Selama acara tersebut berlangsung, penggunaan Twitter meningkat dari 20.000 kicauan per hari menjadi 60.000. Reaksi di festival itu sangat positif.
Pada tanggal 14 September 2010, Twitter mengganti logo dan meluncurkan desain baru dan logo berubah lagi menjadi "Larry the "Bird" pada tanggal 5 Juni 2012.
Popularitas Twitter mulai meningkat pada tahun 2007 ketika terdapat festival South by Southwest (SXSW). Selama acara tersebut berlangsung, penggunaan Twitter meningkat dari 20.000 kicauan per hari menjadi 60.000. Reaksi di festival itu sangat positif.
Pada tanggal 14 September 2010, Twitter mengganti logo dan meluncurkan desain baru dan logo berubah lagi menjadi "Larry the "Bird" pada tanggal 5 Juni 2012.
Instagram
Perusahaan Burbn,
Inc. berdiri pada tahun 2010, perusahaan teknologi startup yang hanya berfokus
kepada pengembangan aplikasi untuk telepon genggam. Pada awalnya Burbn, Inc.
sendiri memiliki fokus yang terlalu banyak di dalam HTML5 peranti bergerak,
namun kedua CEO, Kevin Systrom dan Mike Krieger memutuskan untuk lebih fokus
pada satu hal saja. Setelah satu minggu mereka mencoba untuk membuat sebuah ide
yang bagus, pada akhirnya mereka membuat sebuah versi pertama dari Burbn, namun
di dalamnya masih ada beberapa hal yang belum sempurna. Versi Burbn yang sudah
final, aplikasi yang sudah dapat digunakan iPhone yang isinya terlalu banyak
dengan fitur-fitur. Sulit bagi Kevin Systrom dan Mike Krieger untuk mengurangi
fitur-fitur yang ada, dan memulai lagi dari awal, namun akhirnya mereka hanya
memfokuskan pada bagian foto, komentar, dan juga kemampuan untuk menyukai
sebuah foto. Itulah yang akhirnya menjadi Instagram.
Path
Penggalangan dana untuk mendirikian Path
diawali oleh 3 pendiri Path yaitu Dave Morin, Shawn Fanning, dan Dustin Mierau.
Penggalangan dana ini berhasil mengumpulkan beberapa penyumbang di antaranya
Ron Conway, Paul Buchheit, Ashton Kutcher, dll. Pada bulan februari 2011,
perusahaan ini berhasil menggalang dana sebesar $8.5 juta untuk modal dasar
yang berasal dari Kleiner Perkins Caufield & Byers dan Index Ventures serta
Digital Garage dari Jepang. Pada bulan November dan Desember 2011, Path
meluncurkan beberapa fitur baru dan meningkatkan penggunanya dari 30.000
menjadi lebih dari 300.000 dalam waktu kurang dari 1 bulan. Pada Februari 2012,
perusahaan ini dikritik secara luas karena aplikasi ini mengakses dan menimpan
kontak yang ada di dalam telepon selular pengguna tanpa persetujuan dari
pengguna sendiri. Dalam sebuah blog yang diunggah oleh CEO Path sendiri,
perusahaan meminta maaf dan menyatakan bahwa Path telah mengubah praktik
ini. Bagaimanapun, pada Maret 2012, perusahaan mendapatkan permintaan untuk
memberikan informasi dari representatif kongres Henry A. Waxman dan G. K.
Butterfield beserta 33 pengembang aplikasi lainnya yang menanyakan secara
detail informasi apa saja yang telah dikumpulkan dari pengguna Path dan
bagaimana mereka menggunakannya. Pada Februari 2013, perusahaan ini dikenai
denda sebesar $800.000 oleh FTC karena menyimpan data dari pengguna di bawah
umur dan diharuskan untuk evaluasi atas kebijakan privasi setiap 2 tahunselama
20 tahun ke depan.
B.
MANFAAT
Facebook
> Sebagai Tempat Untuk Mencari Teman, manfaat yang paling terasa dari bintang
adalah kita dapat menjumpai teman lama kita disini.
> Sebagai Tempat Belajar Dan Bermain, disamping untuk bermain, di facebook juga
bisa digunakan untuk mempelajari ilmu ilmu yang belum pernah kita temukan sebelumnya.
> Sebagai Tempat Untuk Mencari Teman, manfaat yang paling terasa dari bintang
adalah kita dapat menjumpai teman lama kita disini.
> Sebagai Tempat Belajar Dan Bermain, disamping untuk bermain, di facebook juga
bisa digunakan untuk mempelajari ilmu ilmu yang belum pernah kita temukan sebelumnya.
> Tempat diskusi, salah satu fitur
di situs jejaring sosial ini adalah group, yang
berfungsi seperti forum. Anda
bisa berdiskusi tentang apapun.
Twitter
> Komunitas, Di Twitter kita dapat menemukan
banyak komunitas yang bisa sharing
informasi secara real time. Mulai dari yang
membicarakan teknologi, olahraga,
kesehatan, cinta, dan masih banyak lagi.
> Sebarkan Idemu, Punya pemikiran brilian?
Jangan cuma disimpan di dalam hati.
Nah,
bisa juga dilontarkan melalui tweet-tweet Anda. Jika menarik pasti banyak
yang
meretweet.
> Membangun Personal Brand, Twitter menyediakan
tempat bagi Anda untuk
sharing
foto, link ke website atau blog, serta ruangan untuk menelurkan ide-ide.
Instagram
> Bisa Berbagi foto dan video
kepada teman dengan menghadirkan berbagai pilihan
filter
menjadikan Instagram sangat populer. Tampilan yang menarik dan
sederhana
juga pilihan yang beragam menjadikan aplikasi ini portofolio untuk
koleksi-koleksi
foto Anda. Terhitung 20 filter dapat dipilih untuk menampilkan
hasil
foto yang lebih baik dan kreatif.
Path
> Kita bisa mengetahui lokasi teman
yang sedang berkunjung ke suatu tempat.
> Bisa berbagi foto, music, dan
video.
> Sebagai tempat untuk mencari teman
baru.
C. DAMPAK POSITIF DAN
DAMPAK NEGATIF
1. Facebook
Dampak Positif
> Dapat mengenal dan berteman dengan banyak orang.
Kita dapat mencari teman-
teman
lama dengan situs ini.
> Sebagai media hiburan atau entertainment
untuk kehidupan sehari-hari.
> Membuat komunitas positif. Misalnya membuat komunitas yang berisi tentang
> Membuat komunitas positif. Misalnya membuat komunitas yang berisi tentang
“Menolak
Penebangan Liar” dsb.
Dampak Negatif
> Pornografi. Sebagai situs pejaring sosial
lainnya, banyak orang kurang kerjaan
upload
foto yang tidak wajar.
> Ejek-ejekan atau saling menyindir.
> Kita bisa lupa waktu.
2.
Twitter
Dampak Positif
> Sebagai media promosi
> Memperluas pergaulan
> Media informasi
> Sebagai media promosi
> Memperluas pergaulan
> Media informasi
> Sebagai alat komunikasi jarak jauh
Dampak Negatif
> Menjadi pemicu konflik antar pengguna account.
> Menjadi tergantung atau kecanduan pada twitter.
> Membatasi pertemuan tatap muka
> Menghabiskan waktu
> Menjadi pemicu konflik antar pengguna account.
> Menjadi tergantung atau kecanduan pada twitter.
> Membatasi pertemuan tatap muka
> Menghabiskan waktu
3. Instagram
Dampak Positif
> Kita bisa berbagi foto dan video.
> Dapat dimanfaatkan sebagai media komunikasi
pemasaran, melalui share foto-
foto
produk penjual, dan memiliki banyak follower.
Dampak Negatif
> Banyak pengguna instagram yang mengunggah
foto-foto yang berbau pornografi.
> Tindak penipuan online shop juga marak beredar baik menggunakan rekening
ataupun
palsunya kualitas barang yang dijual.
4. Path
Dampak Positif
> Dampak positif di bidang sosial sudah pasti
kita dapat terhubung dengan keluarga
dan
teman – teman dekat kita.
> Dampak positif di bidang pendidikan itu kita
dapat bertukar informasi dengan
teman
seperti ketika kita sedang membaca atau menonton sesuatu yang sekiranya
teman
kita belum tau, kita dapat berbagi di Path.
Dampak Negatif
> Di bidang social path juga memiliki dampak
negatif seperti memancing judgement
seseorang
karena seringnya kita menuliskan hal-hal tentang diri kita sendiri atau
meng
upload gambar yang memicu penilaian negatif dari seseorang.
> Di bidang ekonomi sudah pasti memiliki dampak
negatif karena, seseorang akan
menjadi
konsumtif karena pengguna media social terus menerus membutuhkan
biaya
seperti halnya pulsa karena, Path ini memakan kuota yang banyak sehingga
munculah
sifat BOROS!
D. DAFTAR PUSTAKA
1. Facebook
2.
Twitter
3. Instagram
4. Path
Dengan banyaknya yang menyukai burung lovebird, harga jual burung ini pun sangat tinggi dan meningkat, seiring dengan berjalannya waktu. Sehingga wajar, bila para peternak burung berlomba-lomba membudidayakan burung lovebird agar meraup banyak keuntungan. Namun hal yang banyak terjadi, dalam proses budidaya/beternak burung lovebird, Kita sering mengalami kegagalan untuk mengawinkan keduanya (jantan dan betina). Alasannya cukup simpel, tidak sedikit burung. Masih berkaitan Jika menggunakan cabai bubuk korea warnanya akan jauh lebih merah dan jika menggunakan cabai lokal warnanya tidak secerah cabai korea tapi rasanya lebih mantap.
BalasHapusCara Mengaktifkan Profil Guard Facebook Cara Mengobati Penyakit Mata (Snot) Pada Lovebird Ufa Bunga SMartphone
Casino Bonuses and Promotions - CasinoTaratDos
BalasHapusWith a 영앤 리치 먹튀 Casino Bonuses and Promotions program, you pcie 슬롯 can choose 토토 가입 머니 to get free bonuses or bonuses with the best of the best casinos 부산건마 in 바카라마틴 the business.